PEMESANAN VIA SMS 085891444731

(KOSONG) Slamet Abdul Sjukur: VIRUS SETAN


Harga: Rp45.000 | Harga Penerbit: Rp50.000
Kondisi: Baru, Segel
 
Judul: Virus Setan; Risalah Pemikiran Musik
Penulis: Slamet Abdul Sjukur
Penerbit: Art Music Today
Tahun Terbit: 2012
Tebal: 106 hlm.

Deskripsi:
“…sebetulnya sumbangan  musik untuk dunia itu nggak ada. Tetapi, itu menurut orang yang tidak tahu musik…”

Kutipan di atas membuka “ocehan” Slamet Abdul Sjukur dalam bukunya yang sudah terbit, diberi judul Virus Setan: Risalah Pemikiran Musik. Berisi fragmen pemikiran musik terkini dari seorang Slamet, komponis juga dedengkot musik kontemporer Indonesia, buku ini bertujuan menginvasi ruang berpikir pembaca lewat uraian-uraian multi-perspektif soal musik.

Topiknya terbagi atas enam bab, mulai dari obrolan ringan seputar pengalaman hidup dan berkarya di negeri orang, kritik sosio-musikal, hingga pandangan Slamet tentang kekinian musik pada era globalisasi ini (bab Globalishalom). Selain itu terdapat pula tanggapannya perihal polemik sistem pendidikan yang ideal di tanah air (bab Formal versus Padepokan) serta “bedah musik” meliputi aspek fisik, fungsi, maupun historis.

Turut dipaparkan juga gagasan Slamet yang disebut minimax, sebagai falsafah hidup dan berkaryanya –  sebuah kerangka berpikir di mana “Keterbatasan bukanlah halangan untuk menjadi kreatif, suatu sikap yang realistis dan ulet karena gairah” (hal. 46-51).

Buku ini menarik dan penting untuk disimak, mengupas berbagai permasalahan [musik] mendasar yang seringkali luput dari penglihatan orang kebanyakan hingga akademisi sekalipun. Disajikan dalam tutur bahasa yang personal tanpa pretensi, sederhana tanpa bermaksud menggampangkan, juga selipan-selipan intermezzo yang seringkali bikin telinga panas sekaligus terpingkal, Virus Setan wajib dimiliki (dan dibaca, tentunya) oleh pelaku, pemikir, pencipta, atau siapapun yang menaruh perhatian terhadap musik.

Mengutip kalimat tukang sunting Erie Setiawan, “Pelan-pelan saja, tidak perlu buru-buru dalam membacanya, yang penting sluman-slumun-slamet.” (Warta Jazz)


*Buku ini dapat kamu pesan melalui SMS ke nomor 085891444731 dengan menyertakan: nama lengkap, alamat pengiriman lengkap, nomor handphone, dan judul buku.
Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

0 komentar:

Kedai Boekoe © 2015. All rights reserved. | Powered by Blogger

Designed by SpeckyThemes